Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel
18 November 2011

lampung - Terhitung mulai 1 Januari 2011, Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Daerah Provinsi Lampung memperpanjang jam layananan. Jika sebelumnya, jam layanan BPAD buka dari jam 08.00 WIB hingga 15.00 WIB, maka hari sabtu dan minggu buka dari jam jam 08.30 s.d 13.00 WIB.

Perpanjangan jam layanan ini merupakan bukti komitmen BPAD dalam meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat. Memasuki usianya yang seperempat abad, BPAD senantiasa berbenah menuju pelayanan yang
lebih prima. Salah satunya dimulai dengan perpanjangan jam layanan.

Mempertimbangkan efektifitas dan efisiensi, untuk sementara layanan sore hanya dibuka untuk bagian-bagian yang banyak digunakan. Jenis layanan sore tersebut adalah Koleksi Berkala Mutakhir Layanan Bahan Pustaka Baru

Dari hasil kajian dan evaluasi layanan BPAD, banyak masukan dari pengunjung agar jam layanan ditambah. Dengan adanya layanan sore ini, diharapkan permasalahan dan keluhan pengunjung dapat dipecahkan, sekaligus meningkatkan layanan kepada masyarakat.

“Dengan pembukaan layanan  ini, kita berharap bisa menjaring pengunjung yang tidak bisa datang pada jam kerja
masukan-masukan yang datang, banyak pengunjung yang menginginkan BPAD membuka layanan saptu dan minggu,” Kasubid Layanan Perpustakaan ALSON. S.Sos.

Kelompok yang digawanginya ini, tercatat paling banyak pengunjungnya. Sebagai wujud dari komitmen BPAD, apalagi bila diselarasnya dengan tema yang diangkat dalam seperempat abad BPAD “Melayani dan Mengabdi Kepada Masyarakat”, inilah salah satu langkah nyata untuk mewujudkan layanan prima kepada masyarakat.

Salah satu kriteria layanan prima adalah bisa memberikan kepuasan kepada pengunjung atau pemakainya. Perpusnas menyadari, kualitas layanan prima sebagai salah satu indikator keberhasilan itu sendiri, yang pada gilirannya akan membuat layanan yang lebih efisien, menguntungkan semua pihak dan bisa memberikan nilai lebih kepada pengunjung.

“Secara bertahap, kita akan terus tingkatkan layanan, baik secara mutu layananan maupun penambahan jam layanan. Ini juga sebagai bagian dari upaya untuk
meningkatkan minat dan budaya membaca, dengan merangsang untuk pergi ke perpustakaan,”

Penambahan jam layanan ini juga disambut gembira para pengunjung. Mereka umumnya merasa terbantu dengan layanan sore ini. “Kalau buka sampai jam enam sore, akan sangat membantu. Apalagi kalau pagi atau siang kita harus kuliah, jadi sorenya bisa ke BPAD,” ujar salah satu pengunjung yang sedang menyusun skripsi. Ditambahkannya, Perpusnas menjadi salah satu acuan untuk mendapatkan bahan-bahan skripsinya.

Dengan layanan sore ini, diharapkan dapat meningkatkan kuantitas pengunjung terutama layanan jasa perpustakaan dan informasi, meningkatkan kualitas layanan BPAD, serta sebagai bahan evaluasi untuk pengembangan layanan jasa perpustakaan dan informasi.

 

Dengan beberapa terobosan tersebut, diharapkan eksistensi Perpusnas semakin pas sebagai sarana untuk memperoleh beragam rujukan bagi mereka yang tengah melakukan penelitian, pengkajian, riset, atau sekadar ingin mendapatkan informasi tentang berbagai hal.